Wajib baca bagi pemudik Tips aman dan nyaman mudik lebaran

Tips aman dan nyaman mudik lebaran. Mudik lebaran sudah merupakan kebiasaan yang melekat bagi masyrakat muslim Indonesia yang ada di perantauan (jauh dari kampung halaman). Seakan-akan kegiatan mudik (pulang kampung) ini sudah menjadi keharusan setiap kali lebaran menjelang. Berbagai cara para pemudik mewujudkan rencana mudik ini, mulai dari naik sepeda motor, mobil, kapal laut hingga pesawat, terkadang sering mengabaikan faktor kenyamanan dan keselamatan.

Nah untuk anda yang mudik dengan mengendarai mobil pribadi, berikut ada beberapa tips untuk kenyamanan dan keselamatan perjalanan mudik anda.

1. Seleksi barang bawaan 
Sudah suatu kebiasaan kalau pulang mudik itu membawa barang banyak baik itu untuk oleh-oleh dari perantauan maupun untuk bekal dan pakaian di perjalanan. Nah untuk kenyamanan persiapkanlah barang-barang bawaan anda jauh hari sebelum keberangkatan, agar bisa diantisipasi kekuarangan dan kelebihan, jika dianggap terlalu banyak hingga melebihi kapasitas muatan mobil lakukanlah seleksi lagi barang mana yang tiak terlalu penting di bawa.

2. Cek kondisi kenderaan
Berhubung perjalanan yang akan ditempuh adalah perjalanan yang jauh, pastikan kondisi kendaraan anda benar-benar prima. 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan wajib anda bawa ke bengkel terbaik langganan anda untuk dicek kelengkapan dan kesiapan kenderaan anda untuk melakukan perjalanan jauh. Tune up kenderaan dan jangan lupa ganti oli.

3. Cek kelengkapan kendaraan
Sehari sebelum keberangkatan cek dulu perlengkapan yang perlu anda bawa di kenderaan anda, mulai dari kunci-kunci (terutama kunci roda), senter, Kotak P3k dan lain-lain yang anda anggap diperlukan di perjalanan.

4. Cek perlengkapan alat komunikasi
Dalam perjalanan yang jauh kita tidak tau kondisi lapangan dan kejadian tak terduga, alat komunikasi akan sangat dibutuhkan selama dalam perjanan, karena itu siapkan semua yang berubungan dengan alat komunikasi. bila anda belum memiliki mobile carger silahkan dibeli dulu untuk persiapan di jalan apabila sewaktu-waktu HP anda kehabisan baterai.

5. Siapkan bekal makanan dan kesehatan fisik
Untuk mengantisipasi kemungkinan terhalang macet atau bencana alam siapkanlah bekal makanan secukupnya untuk mengantisipasi jika terhambat macet atau terhalang perjalanan karena bencana alam yang lokasinya jauh dari persinggahan atau rumah makan. Dan yang paling penting jaga kondisi kesehatan fisik anda dan jangan memaksakan menyetir dalam kondisi ngantuk. Lebih baik beristirahat sejenak memulihkan kondisi fisik anda.

Demikian Tips aman dan nyaman mudik lebaran, Selamat jalan untuk anda yang mudik lebaran tahun ini dan semoga selamat sampai tujuan dan selamat baliknya. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wajib baca bagi pemudik Tips aman dan nyaman mudik lebaran"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top